Penyebab Sebab dan Akibat Pencemaran LIngkungan Pada Air dan Tanah – Kesehatan Lingkungan.

Diposting pada

Penyebab sebab dan akibat pencemaran lingkungan pada air dan tanah – kesehatan lingkungan.

Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai, kali, danau, Laut, air, dan sebagainya. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi di darat baik di kota maupun di desa.

Jumlah pencemaran yang sangat masal dari pihak manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi ke seperti semula. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi. Sampah dan zat seperti,DDT, deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari kian bertambah parah.

Sebab pencemaran lingkungan di air dan di tanah.

1. Erosi dan curah hujan yang tinggi
2. Sampah buangan manusia dari rumah-rumah atau pemukiman penduduk.
3. Zat kimia dari lokasi rumah penduduk, pertanian, industri, sebagainya.

Penyebab pencemaran di air yang paling terkenal adalah akibat penggunaan zat kimia pemberantas hama DDT. DDT digunakan oleh para petani untuk mengusir dan membunuh hama yang menyerang lahan pertanian.

Baca Juga : Apa itu Pencemaran Lingkungan Dan Seperti Apa Prosesnya

DDT tidak hanya berdampak pada hama namun binatang-binatang yang ada di sekitarnya dan bahkan di tempat yang sangat jauh sekalipun, akibat Proses aliran rantai makanan dari satu hewan ke hewan lainnya yang mengapung ulasi zaT DDT. DDT dengan demikian seluruh hewan yang ada pada rantai makanan akan tercemar oleh termasuk pada manusia.

DDT yang telah masuk ke dalam tubuh akan larut dalam lemak, sehingga tubuh kita akan menjadi pusat polutan yang semakin hari akan terakumulasi hingga mengakibatkan efek yang lebih menakutkan. Akibat adanya biological, magnification/  pembesaran biologis pada organisme yang disebabkan oleh penggunaan DDT.

Langkah Penyelesaian pencemaran lingkungan

Penyelesaian masalah pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian. Langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemaran dari sumbernya untuk mencegah dampak lingkungan yang lebih berat. Lingkungan yang terdekat misalnya, dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, menggunakan kembali dan daur ulang.

Di bidang industri misalnya dengan mengurangi jumlah air yang dipakai, mengurangi jumlah limbah,dan mengurangi keberadaan zat kimia PBT (persistent, Bioaccumulatif, and Toxic). Dan berangsur-angsur menggantinya dengan Green chemistry. Green chemistry merupakan segala produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan zat berbahaya.

Tindakan pencegahan dapat pula dilakukan dengan mengganti alat-alat rumah tangga, atau bahan under motor dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. Pencegahan dapat pula dilakukan dengan kegiatan konservasi, penggunaan energi alternatif, penggunaan alat transportasi alternatif, dan pembangunan berkelanjutan.

Langkah pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Pengendalian dapat berupa pembuatan standar baku mutu lingkungan, monitoring lingkungan dan penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan. Permasalahan Global seperti perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, dan pemanasan global diperlukan kerja sama semua pihak antara satu negara dengan negara lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *